Prinsip Dasar Affiliate Marketing

        Affiliate marketing itu sebenarnya model bisnis yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang sekarang tampak canggih, padahal dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah ada yaitu bisnis makelar atau perantara. Bedanya cuma affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online sehingga bisa saja disebut makelar online he..he.. Jangan tersingung ya disebut makelar, saya juga affiliate marketer, jadi juga seorang makelar, sama dong...
Salah satu model bisnis yang populer di dunia internet marketing atau bisnis di internet saat ini adalah affiliate marketing. Seseorang yang baru belajar internet marketing, umumnya disarankan untuk belajar affiliate marketing karena prosesnya lebih mudah dibanding membuat dan menjual produknya sendiri.
Nah sekarang bagaimana cara kerja makelar online atau affiliate marketing ?
Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut. Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda.
        Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada proses di belakang layar yang terjadi. Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang sebenarnya adalah sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah memberikan komisi ke affiliate lain. Lihat diagram di bawah ini untuk lebih jelasnya.
        Yah cuma itu saja sebenarnya affiliate marketing. Sederhana bukan ? Ya sangat sederhana, apakah mudah ? Tidak selalu. Anda perlu melakukan kerjanya untuk berhasil di affiliate marketing, sama seperti bisnis apapun. Ingat ini sebuah bisnis, bukan sebuah lotere :)
Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya. Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan bingung mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, Anda harus memilih merchant atau program affiliate yang mana yang mau Anda promosikan.

6 komentar

Add komentar
avatar
Rabu, Februari 23, 2011

Bisa minta sarannya gak yah, Bisnis Afiliasi yang mana yang paling populer dan sesuai untuk sayah... :P

Reply
avatar
Rabu, Februari 23, 2011

@Rasau > ya seperti itu lah, ...

@Yulis > hmm sepertinya anda dah pantes untuk memiliki adsense google.
Hehhehehehhe ( Maaf guru... saya becanda. ,)

Reply
avatar
Rabu, Februari 23, 2011

enaknya ane jadi asongan saja he he, sayangnya cokies amazon cuma 24 jam, andai saja cokiesnya 30hari seperti klik bang, makasih sharenya :)

Reply
avatar
Kamis, Februari 24, 2011

Ada yang udah cair bang..??

heheheh :D

Reply
avatar
Kamis, Februari 24, 2011

@Jiox > siip deh, makasih juga dah mampir ye..

@Ivan > hehehehe, lom ada bang. PR aja lom dapet...

Reply

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.